headerphoto

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Matematika meliputi :

  1. Kompetensi Sikap dan Tata Nilai

a.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

c.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

e.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f.       Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g.      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h.      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i.        Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

j.        Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

  1. Kompetensi Pengetahuan

a.       Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik  matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup

b.      Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji

c.       Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika

d.      Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya

e.       Menguasai metodologi penelitian matematika untuk melaksanakan penelitian pendidikan matematika

f.       Menguasai pengetahuan faktual  tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran matematika

g.      Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika

h.      Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup

i.        Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik  yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.

j.        Mengembangkan pembelajaran matematika yang menekankan pada minds on activity dan hands on activity

k.      Terampil merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi media pembelajaran baik berupa media software maupun hardware berbasis IPTEKS

l.        Mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan pembelajaran matematika.

  1. Kemampuan Managerial

a.       Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif

b.      Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam penyelenggaraan pendidikan yang relevan

c.       Mampu mengkaji data dan informasi untuk menentukan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada di bidang pendidikan secara mandiri dan kelompok sebagai dasar pengambilan keputusan

d.      Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan sekolah dan lembaga pendidikan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh tanggungjawab

e.       Memiliki  integritas kepribadian tinggi, bersikap terbuka, kreatif dan inovatif, dan tanggap terhadap perkembangan IPTEKS serta masalah yang dihadapi masyarakat.

 

Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Pendidikan Matematika, meliputi:

a.    Mampu menggunakan dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

b.   Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan profesi pendidikan.

c.    Memiliki kemampuan pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran matematika