headerphoto

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Yogyakarta dikembangkan secara utuh dan terintegrasi dalam empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.
a.    Pedagogik

  • Memahami karakteristik peserta didik secara utuh dan memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
  • Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum mata pelajaran matematika di sekolah, serta melakukan evaluasi dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang dilaksanakan nantinya
  • Menguasai metodologi mengajar dengan baik dan mampu mendesain serta menyelenggarakan pembelajaran matematika yang inovatif dan mendidik
  • Menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan pembelajaran matematika

b.    Sosial

  • Berwawasan keberagaman, bersikap inklusif, bertindak secara objektif dan tidak bersikap diskriminatif terhadap heterogenitas peserta didik, baik jenis kelamin, agama, suku, ras, fisik, mental, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi
  • Bekerja sama, tolong menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan kerja dan masyarakat tanpa membeda-bedakan agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
  • Berkomunikasi secara efektif dan konstruktif dengan sesama pendidik, tenaga pendidikan, peserta didik, orang tua, dan masyarakat.
  • Bersikap santun dan empatik dalam interaksi sehari-hari, baik di sekolah maupun dalam masyarakat, sehingga mampu menjadi inspirasi dan teladan, baik bagi peserta didik, teman seprofesi, maupun masyarakat pada umumnya

c.    Profesional

  • Menguasai matematika dan ilmu pendidikan matematika sebagai bekal melaksanakan tugas profesionalnya sebagai guru matematika.
  • Menguasai standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran matematika sekolah, serta mengembangkan materi pembelajaran sebagai media menguasai kompetensi yang telah ditetapkan
  • Mengembangkan kompetensi diri terkait dengan bidang tugasnya secara berkelanjutan yang mendukung pelaksanaan tanggung jawab pengajarannya di kelas

d.    Personal

  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri
  • Menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab jujur, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat
  • Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa serta menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, percaya diri, dan rasa bangga menjadi guru