headerphoto

All of Story About KKL

Rabu, 26 April 2017 08:57:17 - oleh : Gunawan

Mata kuliah KKL di Jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta jatuh pada semester 6 berdasarkan kurikulum KBK 2013. Sebagai langkah awal dibentuklah kepanitiaan KKL pada akhir tahun 2016, dan untuk kegiatan KKL dilaksanakan di Magelang-Bali sesuai dengan kesepakatan bersama dari 4 kelas angkatan 2014. Kepanitiaan terbentuk, disusunlah rencana KKL 2017. Setelah melalui proses tender yang cukup panjang, terpilihlah Aji Tour menjadi Biro yang mengurus KKL Pendidikan matematika 2017. Kebetulan biro ini sudah pernah digunakan untuk pelaksanaan KKL di tahun sebelumnya. Harapannya bisa menyerahkan semua urusan perizinan dan segala macam persiapan ke biro.

Keberangkatan dimulai tanggal 21 Februari 2017 jam 7 pagi. Semua berkumpul di halaman depan gedung A Unit 1 Universitas PGRI Yogyakarta untuk dilakukan upacara pemberangkatan oleh KAPRODI Pendidikan Matematika. Setelah upacara selesai, berangkatlah kita dengan total lebih dari 130 mahasiswa dan beberapa dosen. Tujuan pertama KKL adalah ke SMA Taruna Nusantara Magelang, perjalanan menuju Magelang ditempuh dalam waktu 45 menit. Sesuai dengan renaca bahwa di SMA Taruna Nusantara seluruh peserta KKL belajara bagaimana pembelajaran disana. Kemudian setelah itu dilanjutkan perjalanan menuju Bali dengan waktu tempuh kurang lebih 12 jam perjalanan darat dan mennyeberangi selat Bali dengan menggunakan kapal Ferry. Tepat pukul 14.00 WITA, sampai di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali sebagai tempat kunjungan kedua sekaligus Universitas pertama yang dikunjungi.

Kunjungan di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali mempelajari tentang sistem pembelajaran Pendidikan Matematika yang berlaku dikampus tersebut. Kunjungan di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali menjadi menarik karena Rektor Universitas PGRI Yogyakarta hadir sekaligus menandatangani MoU kerjamasama antar Universitas. Benar saja ketika kunjungan berlangsung, dari salah satu UKM di UNDIKSHA mempersembahkan dua buah tarian untuk menyambut kedatangan kami. Kebetulan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Pendidikan Matematika UNDIKSHA  sedang mengadakan Gema Matematika Pekan Karya dan Kreativitas Mahasiswa. Kunjungan selesai, perjalanan dilanjutkan kembali menuju Hotel tempat kami menginap yakni Hotel NEO GatSu Denpasar Bali.

Kunjungan di hari ketiga adalah ke IKIP PGRI Bali dan SMP Negeri 3 Denpasar Bali. Kunjungan hari ketiga ini cukup banyak membuka wawasan karena IKIP PGRI Bali memiliki keunggulan prestasi di bidang olahraga, sedangkan SMP Negeri 3 Denpasar Bali merupakan salah satu SMP unggulan di Bali dengan perolehan sederet prestasi akademik dan non akademik yang baik dan dibuktikan dengan nilai UN siswa mata pelajaran Matematika di tahun 2016 sebanyak 70 siswa memperoleh nilai sempurna. Manfaat besar sangat dirasakan dalam kunjungan ini karena pengetahuan dan ilmu yang diperoleh sangat banyak walaupun waktu berkunjung sangat terbatas dan harus melanjutkan agenda selanjutnya yang telah diagendakan sesuai jadwal.

Pantai Pandawa merupakan kawasan pantai terpadu di sudut kota Denpasar yang dibangun dengan suasana asri nan nyaman. Disana pada intinya kita di berikan kesempatan untuk berkeliling kawasan yang masih asri dengan pesona pasir putihnya. Namun karena keterbatasan waktu pada saat itu, perjalanan langsung dilanjutkan menuju Pantai Kutha yang merupakan pantai yang paling difavoritkan pengunjung dari berbagai penjuru dunia. Disini sesuai dengan maksud dan tujuan awalnya adalah menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat. Setelah itu untuk mengakhiri kunjungan di hari ketiga peserta KKL 2017 diberikan kesempatan untuk membeli oleh-oleh khas Bali di Joger Dnpasar dan pusat oleh-oleh Krisna. Rangkaian kunjungan di hari ketiga selesai semua peserta KKL kembali ke Hotel untuk mempersiapkan kepulangan menuju Yogyakarta.

Kunjungan di hari terakhir, tepat pukul 08.00 WITA setelah semua check out . Perjalanan di lanjutkan menuju Pasar Seni Sukowati dan Tanah Lot. Pesona pura di tepi menjadi ciri khas yang membedakan dengan tempat wisata yang lain yang ada di Bali. Selesai, rombongan langsung melanjutkan perjalanan pulang menuju Yogyakarta. Menempuh perjalanan selama kurang lebih 10 jam karena sempat terkendala macet berjam-jam di wilayah jawa Timur. Terima kasih panitia KKL, Biro Aji Tour yang mengurus KKL kita, dan Institusi yang menjadi tujuan KKL 2017 Pendidikan Matematika. Semoga dengan KKL ini, kekeluargaan dan keakraban Pendidikan Matematika semakin erat lagi.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya